Rabu, 01 Juni 2016

Aplikasi kirim SMS Menggunakan Sun JAVA Wireless Toolkit

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat aplikasi kirim sms dengan

menggunakan java. Untuk membuatnya, kita memerlukan alat-alat sebagai berikut.
 
1.   1 buah laptop/ komputer
2.   Software Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC
3.   Notepad, Notepad++ atau TextPad untuk mengetik listing programnya

Langkah Langkah :
1. Kita jalankan dulu Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC. Setelah itu, klik New Project, di ProjectName kita ketikkan nama project kita sesuai keinginan, misalnya smsKu, di MIDlet Class Name ketikkan tulisan yang sama, Lalu klik Create Project.


2. Selanjutnya akan  muncul kotak dialog setting,  kita klik OK saja.  Setelah itu akan tampil tulisan
§    Creating project smsKu
§    Place Java source files in C:\MyDocuments\ Java\j2mewtk\252\apps\smsKu\src”
§    Ket: Disinilah tempat kita menyimpan source atau koding program yang kita
buat yaitu pada direktori SRC
§    Place Aplication resource files in C:\MyDocuments\ Java\j2mewtk\252\apps\smsKu\res”
§    Ket: Disinilah tempat kita menyimpan file gambar atau animasi yang kita buat
yaitu pada direktori RES

§    Place Aplication library files in C:\MyDocuments\ Java\j2mewtk\252\apps\smsKu\lib”
§    Ket:  Disinilah  tempat  kita  menyimpan  file  fungsi  yang  kita  buat  yaitu  pada
 direktori LIB
3. Kita beralih ke Notepad, dan ketikkan listing program berikut:
import java.util.*;
import java.io.IOException; import javax.microedition.io.*; import javax.microedition.lcdui.*; import javax.wireless.messaging.*; import javax.microedition.midlet.*;
public class smsKu extends MIDlet implements CommandListener, Runnable, MessageListener {
Display display; Form form;
List menuList; //list untuk menu awal
Command exitCom, replyCom, backCom, clrCom, sendCom; //command yg digunakan TextBox textSmsMasuk, textSmsKeluar; //tempat text sms yg masuk & yg mau dikirim TextField textNo; //untuk tempat memasukan no tujuan
String port, isiSmsKeluar; //port dan isi sms
Thread thread; String[] connections; boolean done;
MessageConnection smsconn; Message msg;
public smsKu() {
display = Display.getDisplay(this);
form = new Form("sms-an Yuk");
exitCom = new Command("keluar", Command.EXIT, 1);
replyCom = new Command("Adriansyah MS", Command.SCREEN, 1);


backCom = new Command("Kembali", Command.BACK, 3); clrCom = new Command("Hapus Tulisan", Command.OK, 2); sendCom = new Command("Adriansyah MS", Command.OK, 1); menuList = new List("Menu sms Ku", List.IMPLICIT);
port = "4321"; //port yang aku gunakan, ganti sesuai keinginan masing masing
textSmsMasuk = new TextBox(null, null, 500, TextField.ANY);
textSmsKeluar = new TextBox("Silakan Menulis Sms", null,
500, TextField.ANY);
textNo = new TextField("Masukan Nomor Tujuan", "",
15, TextField.PHONENUMBER);
}
public void startApp() {
bukaKoneksi(); //disini membuka koneksi untuk siap menerima sms masuk menu(); // bikin tampilan menu awal
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
//sebelum aplikasinya keluar ato mati koneksi ditutup dulu done = true;
thread = null;
if (smsconn != null) {
try {
smsconn.close();
} catch (IOException e) {
}
}


//disini mati deh aplikasi kita notifyDestroyed();
}
public void menu() { //membuat menu awal untuk sementara ini baru ada 3 menu menuList.append("Tulis Sms", null);//1. menu tulis sms baru menuList.append("about", null);//2. menu about (dak penting jugo sebenarnya) menuList.append("Keluar", null);//3. menu untuk keluar aplikasi menuList.addCommand(exitCom); //add command keluar menuList.setCommandListener(this);
display.setCurrent(menuList);
}
public void tulisSms() { //membuat textbox untuk menulis sms baru textSmsKeluar.addCommand(sendCom); //add command untuk kirim textSmsKeluar.addCommand(clrCom); // add command untuk clear text textSmsKeluar.addCommand(backCom); //add command untuk kembali kemenu awal textSmsKeluar.setCommandListener(this);
display.setCurrent(textSmsKeluar);
}
public void masukNo() { //disini untuk memasukan nomor tujuan form.setTitle("Sms Siap dikirim"); //udah taukan yang ini? form.append(textNo); //menambahkan textField untuk nomor tujuan
form.addCommand(backCom);  //menambahkan  command  untuk  kembali  ke  menu awal
form.addCommand(sendCom); //menambahkan command untuk mengirim form.setCommandListener(this);
display.setCurrent(form);
}
public void kirim() { //disini sms yang udah ditulis dikirim dgn perintah


new Thread(new Runnable() {
//perhatiin ya public void run() { try {
String isiSms = isiSmsKeluar;
String noTujuan = textNo.getString();
String address = "sms://" + noTujuan + ":" + port; MessageConnection smsConnKir = null;
Message isiSmsNya = null;
smsConnKir = (MessageConnection) Connector.open(address); TextMessage txtmessage =
(TextMessage) smsConnKir.newMessage(MessageConnection.TEXT_MESSAGE);
txtmessage.setAddress(address); txtmessage.setPayloadText(isiSms); isiSmsNya = txtmessage; smsConnKir.send(isiSmsNya);
} catch (Throwable t) {
t.printStackTrace();
}
}
}).start();
}
public void terima(String isi, String no, Date tgl) { //tempat sms masuk
String nonya = fixNomer(no);
textSmsMasuk = new TextBox("Sms dari:" + nonya + " " + tgl, isi, isi.length(), TextField.ANY); textSmsMasuk.addCommand(replyCom); textSmsMasuk.addCommand(exitCom); textSmsMasuk.setCommandListener(this); display.setCurrent(textSmsMasuk);


}
public void bukaKoneksi() { //membuka koneksi agar bisa menerima sms yg masuk
String smsConnection = "sms://:" + port;
done = true;
thread = null;
try {
smsconn = (MessageConnection) Connector.open(smsConnection);
smsconn.setMessageListener(this);
} catch (IOException ioe) {
ioe.printStackTrace();
}
connections = PushRegistry.listConnections(true);
done = false;
thread = new Thread(this);
thread.start();
}
public void tutupKoneksi() { //untuk menutup koneksi sms try {
smsconn.close();
} catch (IOException e) {
}
}
public String fixNomer(String no) {
//dari format no gini "sms://+6285XXXX" jadi "+6285XXX" gitu fungsinya
String hs = null;


hs = no.substring(6, no.length());
return hs;
}
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if (c == exitCom) {
destroyApp(true);
}
if (d == menuList) {
if (menuList.isSelected(0)) {
tulisSms();
} else if (menuList.isSelected(1)) {
Alert about = new Alert("About", "Aplikasi SMS menggunakan j2me, " + "source-nya saya dapatkan dari “KAMU” J ",
null, AlertType.INFO);
display.setCurrent(about);
} else if (menuList.isSelected(2)) {
destroyApp(true);
}
}
if (d == textSmsKeluar) { if (c == sendCom) { form.deleteAll(); masukNo();
} else if (c == clrCom) {
textSmsKeluar.setString("");
} else if (c == backCom) {
display.setCurrent(menuList);
}
}
if (d == textSmsMasuk) {
if (c == exitCom) {


display.setCurrent(menuList);
} else if (c == replyCom) {
tulisSms();
}
}
if (d == form) {
if (c == backCom) { form.deleteAll(); display.setCurrent(textSmsKeluar);
} else if (c == sendCom) {
isiSmsKeluar = textSmsKeluar.getString();
textSmsKeluar.setString("");
kirim();
}
}
}
public void run() { //untuk menerima sms yang masuk try {
msg = smsconn.receive();
String senderAddress = msg.getAddress(); Date waktuSms = msg.getTimestamp();
if (msg instanceof TextMessage) {
String isiSmsMasuk = ((TextMessage) msg).getPayloadText();
terima(isiSmsMasuk, senderAddress, waktuSms);//memasukan sms ke texbok
} tutupKoneksi(); bukaKoneksi();
} catch (IOException e) {
}
}


public void notifyIncomingMessage(MessageConnection conn) {
if (thread == null) {
done = false;
thread = new Thread(this);
thread.start();
}
}
}
Simpan  program  tersebut  pada  direktori  src  seperti  di  atas  dengan  nama  smsKu.java (nama file harus sama dengan nama kelas pada saat kita membuat new project). Selanjutnya kita kembali lagi ke Sun Java (TM) Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC.
4. Kemudian, klik Build untuk mengetahui apakah program yang kita buat sudah benar atau belum. Jika masih terdapat kesalahan maka perhatikan kesalahannya pada baris kesalahan   dan   lokasi   kesalahan   yang   ditunjukan   pada   layar   konsul.   Perbaiki kesalahan program tersebut hingga selesai simpan dan ulangi Build kembali. Setelah proses build selesai jika tidak terdapat kesalahan, klik Run. Kita bisa coba jalankan aplikasi buatan kita. Dalam percobaan aplikasi ini, kita klik Run sebanyak 2kali atau lebih agar tampilan handphone menjadi 2-3 buah dengan nomor yang berbeda.
hasil tampilan 
 untuk lebih lengkapnya bisa anda download disini

0 komentar:

Posting Komentar